Rabu, 26 April 2017

Hunting Book at Perpustakaan Nasional RI

Hello para pejuang skripsi? Gimana kabarnya? Masih kuat kan? Kuat ditinggal sibuk dosen atau kuat melihat lautan merah di atas kertas kan? Harus kuat lah demi meraih toga dan membanggakan orang tua. Jangan pantang menyerah dan kapok ya! Nah, buat kalian yang masih mencari-mencari buku sumber, cobalah mengunjungi Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Salemba, Senen, Jakarta Pusat. Disana, banyak sekali koleksi buku-buku pengetahuan internasional maupun nasional, microfilm yang berisi surat kabar dari jaman Belanda sampai Indonesia merdeka, audiovisual, thesis dan disertasi internasional dan juga koran tahun 1800-an pun masih ada.

Sampai disana, kalian harus membuat kartu anggota dulu ya di lantai 1. Enggak butuh waktu lama kok kalian hanya perlu mengisi biodata lengkap di komputer yang sudah disediakan (Jangan lupa membawa KTP, kartu mahasiswa, atau kartu pelajar untuk nomer identitas). Setelah itu, kalian akan mendapatkan nomor anggota dan jangan lupa di simpan. Nomor anggota dan password kalian tidak hanya untuk keluar-masuk perpustakaan atau untuk membaca buku, tetapi juga untuk membuka jurnal, e-book dan refrensi online gratis di website perpusnas. Next, tulis nama dan nomor anggota di kertas kosong yang telah disediakan untuk mendapatkan pass foto disana. Cukup dengan lima menit, kartu anggota pun langsung jadi ditempat. Selanjutnya naik ke lantai 2, disana disediakan komputer untuk mencari buku-buku berbasis OPAC (Online Public Access Catalog). Setelah ketemu buku yang dicari, tulis nama-nam buku itu di kertas yang telah diseiakan dan berikan ke ibu pustakawan. Setelah itu, baru kalian bisa membaca buku-buku koleksi PerpusNas. Hal yang agak berbeda di PerpusNas ini adalah kita sebagai pengunjung tidak bisa mencari buku langsung dari raknya. Jadi hanya pustakawanlah yang boleh mengambilnya.

Untuk kalian yang ingin kesana dengan kendaraan umum. Naiklah Trans Jakarta koridor 5, 5C, 7A, dan 7B dan turun di Halte Salemba Carolus. Jika kalian naik Transjakarta dari Pinang Ranti, kalian harus transit di Cawang UKi lalu lanjut naik TJ koridor 5C atau 7B. Untuk kalian yang berasal dari Bekasi bisa memanfaatkan kereta dan turun di stasiun Kramat lalu lanjut jalan kaki sekitar 450 meter.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Search This Blog

Embun yang Dingin / Lautan Cinta

  Berikut ada 14 bagian masa-masa Lay Zhang bersama EXO: Panas yang Hebat / Pertama kalinya aku diatas panggung Akhir dari Panas / Api Embun...

Daily Blogger Pro Review Competition

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.